Bagaimana Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Paling Jitu?

Terkadang menjaga hp kesayangan tetap aman itu sulit apalagi jika hp sudah kemasukan air. Nah, sering sekali terjadi hp masuk ke dalam kloset atau genangan air sehingga dikhawatirkan hp akan rusak. Biasanya hp yang kemasukan air atau terjatuh ke dalam air akan mati atau konslet. Kebanyakan masyarakat langsung membawa hp yang sudah mati atau konslet ke tempat service.

Sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh dan membuang banyak waktu serta uang untuk membawa hp untuk diperbaiki ke tempat service. Sebab Anda sendiri sebenarnya bisa mengatasi hp yang kemasukan air dengan cara-cara yang cukup mudah dan juga ampuh. Biasanya jika hp dibawa ke tempat service akan membutuhkan biaya yang cukup banyak apalagi jika komponen hp bagian dalam yang rusak karena kemasukan air. Nah, supaya lebih irit untuk mengatasi hp yang kemasukan air ikuti cara-cara dan langkah berikut ini.

Trik Mengatasi HP Kemasukan Air Paling Jitu

Trik-trik dan cara mengatasi hp kemasukan air paling jitu diantaranya adalah :

  1. Mematikan hp

Trik pertama yang bisa dilakukan ketika hp kemasukan air adalah segera mematikan hp jika masih dalam keadaan hidup. Biasanya tidak semua hp akan langsung mati jika kemasukan air atau terjebur ke dalam genangan air. Nah, beruntung jika hp masih dalam keadaan menyala berarti tidak konslet atau mengalami kerusakan yang cukup parah. Jadi, segera matikan hp untuk melalukan proses selanjutnya agar hp tetap aman.

  1. Membuka chasing hp

Setelah memastikan hp benar-benar keadaan mati maka segera membuka cashing hp. Selanjutnya lepas baterai, kartu sim, sd card dan apa saja yang masih terpadang di dalam hp. Tujuannya adalah supaya air tidak merusak komponen tersebut dan air yang terjebak disela-sela komponen tersebut bisa segera dibersihkan. Goyang-goyangkan hp supaya air yang masuk ke dalam bisa keluar.

  1. Memakai kain yang bisa menyerap air

Kemudian carilah kain yang bisa menyerap air lebih cepat, seperti handuk atau kain-kain yang berserat. Nah, fungsi memakai kain ini adalah supaya air yang ada di dalam hp akan segera terserap ke dalam kain sehingga tidak merusak komponen penting yang ada di dalam hp tersebut. Tetapi jangan menggosokkan kain ke hp supaya air tidak menyebar kemana-mana sehingga akan mengakibatkan hp konslet atau airnya masuk ke dalam.

  1. Menggunakan vacuum cleaner

Selanjutnya Anda bisa menggunakan vaccum cleaner untuk menyedot air yang terjebak di dalam hp. Namun perhatikan cara penggunaan vaccum cleaner dan memastikan bahwa komponen kecil yang terpasang di hp seperti sim card dan sebagainya sudah terlepas supaya tidak terbawa atau tersedot vaccum cleaner.

  1. Menggunakan ziplock diisi beras atau silica gel

Berikutnya adalah menggunakan ziplock yang diisi dengan beras atau silica gel. Beras itu memiliki daya serap yang sangat kuat sehingga bisa menghilangkan dan mengeluarkan air yang masih terjebak di dalam hp dan juga sulit dijangkau. Atau jika Anda memiliki silica gel juga bisa untuk mengeluarkan air dan masukkan silica gel ini ke dalam ziplock yang sudah disediakan.

  1. Diamkan selama 2 hari

Trik terakhir adalah diamkan hp selama 2 hari di tempat aman atau biarkan di dalam ziplock yang sudah diisi beras atau silica gel supaya penyerapan air maksimal.

Itulah trik dan cara mengatasi hp kemasukan air yang paling jitu dan ampuh.